Plat L Journalist Community Gelar FGD "Perangi Hoaks dan Kampanye Hitam di Tahun Politik"



Media Nusantara || SURABAYA , -  Plat L Journalist Community menggelar Forum Grup Diskusi dengan tema “Perangi Hoaks dan Kampanye Hitam di...



Media Nusantara || SURABAYA, - Plat L Journalist Community menggelar Forum Grup Diskusi dengan tema “Perangi Hoaks dan Kampanye Hitam di Tahun Politik”. Acara tersebut dilaksanakan di angkringan Mbah Cokro, Jalan Prapen Nomer 6. Surabaya, pada Rabu (13/09/2023), pukul 21.00. WIB.

Dikemas dengan santai tapi serius acara menghadirkan 2 narasumber yakni, Isma Hakim Rahmat (Pemred Beritabangsa.id) dan Noor Arief Kuswandi (Redaktur Harian Disway). Sebagai moderator diskusi kali ini Anggadia Muhamad jurnalis dari Beritajatim.com.

Kampanye hitam (Black campaign) adalah suatu upaya di bidang politik untuk merusak atau mempertanyakan lawan politik dengan cara memainkan
propaganda-propaganda negatif menjelang pemilu serentak, Isma Hakim Rahmat mengawali.

Cak Isma (sapaan akrab, red) mengatakan, dalam perkembangannya black campaign bahkan tersebar dalam bentuk tabloid. 
Black campaign meresirkurlasikan beberapa produk isu atau beberapa narasi yang tidak benar dan disebarkan secara luas seolah-olah berita itu benar dan secara umum biasanya mengarah pada personlity seseorang atau tokoh.

Sedangkan berita hoax, lanjut Cak Isma, berita yang keliru, dibuat-buat atau dimanipulasi seolah-olah berita itu benar, mengarah ke memutar balikkan fakta tidak sesuai fakta yang sebenarnya.

Isma menambahkan, sebenarnya berita hoax itu tidak ada namun di adakan. Ciri berita hoax tersebut misalnya sumber berita yang kurang bisa dipercaya. Selain itu, kata-kata yang provokatif dan berbau SARA apalagi mendekati hajat besar politik seperti Pemilu.

”Berita hoax itu sumbernya tidak ada narasinya juga tidak benar, karana tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya dan sumber beritanya tidak benar sudah masuk kategori berita hoax atau berita bohong ," imbuhnya. 

Menyikapi hal tersebut, ia menjelaskan, merupakan tantangan bagi wartawan agar tidak mudah terjebak terkait berita hoaks, harus pandai memilah dan peka dengan melakukan cek dan ricek, kemudian cek ricek lagi, atau double cek ricek.

"Wartawan harus memberi contoh dengan penyajian berita yang sesuai data dan fakta di lapangan, tidak dipelintir, artinya dikurangi dan ditambahi apalagi di tambah opini tujuan tertentu," ungkapnya.

Noor Arif Kuswandi, dalam menyampaikan materinya lebih menekankan kepada SDM dari seorang wartawan, bagaimana tindakan seorang jurnalis dalam memperoleh data yang valid di lapangan kemudian melakukan seleksi sehingga menjadi naskah menarik untuk disajikan.

"Seperti apa yang di sampaikan oleh Isma, melakukan cek ricek dan cek ricek lagi, sampai kita tahu data yang kita peroleh itu valid," paparnya.

Kemudian, terkait berita hoaks, menurutnya, lebih Kepada kredibilitas wartawannya. Sebuah media yang kredibel sekalipun bisa saja memiliki wartawan yang tidak kredibel.

"Artinya apa, saya masih meyakini bahwa tidak ada media yang netral, dalam artian netral pada titik nol, jadi potensi menyebarkan hoaks tetap ada, namun media yang kredibel ini cara penyaringannya berganda dan lebih banyak," jelas Arif.

Arif mencontohkan terkait netralitas sebuah media pada saat mendekati tahun politik. Dalam hal ini sebuah media dituntut untuk bersikap profesional dalam menyajikan sebuah berita terkait partai politik maupun calonnya.

"Penyajiannya, menurut saya pribadi, ya harus adil, dalam artian harus sesuai dengan apa yang disampaikan masing-masing calon, sesuai porsinya masing-masing," tandasnya.

Pada penghujung penjelasannya, Arif mengemukakan pendapatnya, bahwa berita bohong atau hoaks melalui sarana teknologi sekarang sudah ada undang-undang ITE.

Jikapun tidak ada, masih ada undang-undang 335 tentang perlakuan atau perbuatan tidak menyenangkan.
Sehingga dapat disimpulkan, terkait black campaign dan hoaks, pada intinya kembali kepada prinsip dari masing-masing orang, sedangkan peran wartawan adalah melaksanakan tugasnya sesuai dengan kaidah jurnalis dan berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Dengan menyajikan berita yang proporsional dan profesional pada akhirnya akan menggiring masyarakat ke arah pemikiran yang lebih positif, sehingga dampak dari berita hoaks tidak akan berpengaruh.

Penulis :Redaksi 

COMMENTS

Pengunjung Hari ini

Nama

Advertorial,28,Berita-Investigasi,22,Berita-Terbaru,324,Berita-Utama,283,Daerah,119,Hobby,14,Hukum-Kriminal,96,Internasional,31,Kesehatan,12,Nasional,95,Pemerintah,59,Perumahan,10,Politik,43,Polri,153,Religi,67,Sejarah,1,Selebritis,1,Seni-Budaya,7,Technology,24,TERBARU,40,TNI,44,UTAMA,11,
ltr
item
Media Nusantara Situs Pemberitaan Indonesia hingga Dunia: Plat L Journalist Community Gelar FGD "Perangi Hoaks dan Kampanye Hitam di Tahun Politik"
Plat L Journalist Community Gelar FGD "Perangi Hoaks dan Kampanye Hitam di Tahun Politik"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEii3Pwc3NAErsYs1SBbViOIPSd504KqKqnwMjTK-ss-KnKeRwS_VJt66IwR8QLxXNc0nUoUJocFIFiD9Yq9U2iqGcpYTgFl1QUqAeiZ7o3xoGpCRFDA90q-z69HHwMAg7Aq99qTeDiXeZRRuVXBfDFNDu6H83uXtP1c7JbWagaBMEpr7oJMQcQoTQteoMs/s320/1694683972800.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEii3Pwc3NAErsYs1SBbViOIPSd504KqKqnwMjTK-ss-KnKeRwS_VJt66IwR8QLxXNc0nUoUJocFIFiD9Yq9U2iqGcpYTgFl1QUqAeiZ7o3xoGpCRFDA90q-z69HHwMAg7Aq99qTeDiXeZRRuVXBfDFNDu6H83uXtP1c7JbWagaBMEpr7oJMQcQoTQteoMs/s72-c/1694683972800.jpg
Media Nusantara Situs Pemberitaan Indonesia hingga Dunia
https://www.medianusantara.co.id/2023/09/plat-l-journalist-community-gelar-fgd.html
https://www.medianusantara.co.id/
https://www.medianusantara.co.id/
https://www.medianusantara.co.id/2023/09/plat-l-journalist-community-gelar-fgd.html
true
4129672720319406382
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy