Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

7 Kuliner Pedas Khas Banyuwangi Wajib di Cicipi Saat Mudik



Media Nusantara || SURABAYA , -  Banyuwangi merupakan sebuah kota yang terkenal denga wisata pantainya dan aneka kuliner tradisional  yang t...


Media Nusantara || SURABAYA, - Banyuwangi merupakan sebuah kota yang terkenal denga wisata pantainya dan aneka kuliner tradisional 
yang terletak paling ujung timur di daerah Jawa Timur, Indonesia.

Tak lengkap rasanya jika mudik ke Banyuwangi tidak mencicipi makanan khas Banyuwangi.

Banyuwangi merupakan wilayah  yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan banyak aneka kuliner yang mengugah selera yang wajib di cicipi saat berada  di Banyuwangi. 

Ada beberapa tempat rekomendasi makan khas daerah enak yang wajib kalian kunjungi saat mudik ke Banyuwangi. Selain banyaknya tempat bersejarah dan tempat wisata yang ada di Banyuwangi, tak ketinggalan juga beberapa kuliner sedap dan enak yng bikin nagih yang bisa kalian kunjungi.

Langsung saja simak rekomendasi kuliner khas Banyuwangi yang wajib anda coba.


1. Ayam Pedas Khas Banyuwangi kuliner yang satu ini merupakan khas Banyuwangi ini sekilas mirip denga Ayam Lodho. Yang menjadi pembeda dengan ayam pedas ini merupakan olahan ayam kampung yang dibakar, kuah yang pedas dengan campuran cabe rawit serta tambahan santan yang gurih.
Alamat: Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


2. Pecel Rawon Khas Banyuwangi. Kuliner yang satu ini merupakan hidangan pecel rawon yang terdiri dari sayur-sayuran rebus, yang disiram kuah rawon serta bumbu dari kuah kluwek hitam pekat yang menambahkan rasa gurih, pedas dan manis, makan pecel rawon tidak lengkap rasanya bila tidak ditambahkan peyek. 
Alamat: Jalan Adi Sucipto Nomor 76, Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.


3. Ayam Kesrut Khas Banyuwangi berikutnya merupakan kuliner yang berkuah pedas dan segar, yaitu Ayam Kesrut khas Banyuwangi. Kuliner satu ini merupakan olahan ayam berkuah pedas ditambah kecombrang dan juga belimbing wuluh. Membuat para penikmat kuliner satu ini terasa segar dan melek setelah merasakan pedas paduan gurih, asam dan nikmatnya makanan yang satu ini.
Alamat: Karang Sari, Segobang, Licin, Kabupaten Banyuwangi.


4. Rujak Soto khas Banyuwangi berikut ini merupakan kuliner yang cukup unik perpaduan dua makanan menjadi satu yaitu Rujak Soto. Rujak yang dimaksud, hanyalah bumbu kacang dari rujaknya saja, selebihnya terdapat sayuran, potongan daging dan jeroan sapi ditambah campuran kuah kaldu yang nikmat.
Alamat: Dusun Kepatihan, Cluring, Kec. Cluring, Kabupaten Banyuwangi.


5. Sego Tempong (Nasi Tempong) Khas Banyuwang yang satu ini adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Banyuwangi. Makanan ini disajikan dengan berbagai lauk pauk, lalapan dan sambal yang khas, nama sego tempong berasal dari kata “tempong” yang dalam bahasa osing berarti “tampar”, makanan ini dinamakan demikian karena memang sego tempong ini adalah sambalnya yang pedas di padu dengan sayur-sayuran yang segar bikin mata melek setelah makan yang satu ini.
Alamat:  Jalan. Kyai Asy'ari, Tukangkayu, Kecamatan. Banyuwangi.


6. Lontong Campuran Khas Banyuwangi  makanan yang cukup unik dalam penyajiannya potongan lontong dipadukan dengan kuah merah gurih yang menggunakan bumbu kacang ditaburi kuah merah dan di kasih toping bihun.
Aromanya begitu khas pekat dengan rempah-rempah mengugah gairah nafsu makan apa lagi disantap dengan paduan kerupuk puli.
Alamat: Pasar Glenmore, Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.


7. Sego Cawuk Khas Banyuwangi satu ini
Sego cawuk nasi putih yang disiram dengan dua macam kuah yakni kuah pindang dan kuah trancam. Kombinasi siraman kuah gurih manis ini sangat menggugah selera makan.
Ditambah irisan ketimun, semanggi rebus dan sambal serai. Yang dibuat dari ulegan belimbing wuluh dan serai. Untuk lauknya bebas pilih sesuai selera, ada telur bacem yang khas dari Banyuwangi yaitu telur rebus yang masak lagi dengan bumbu petis. Jadi kuahnya kental dan hitam pekat.
Alamat: Pancoran Kulon, Rogojampi (Dekat stasiun kereta api), Banyuwangi.

Penulis : Redaksi 

COMMENTS

Pengunjung Hari ini

Nama

Advertorial,27,Berita-Investigasi,18,Berita-Terbaru,318,Berita-Utama,277,Daerah,113,Hobby,13,Hukum-Kriminal,93,Internasional,31,Kesehatan,12,Nasional,94,Pemerintah,59,Perumahan,10,Politik,43,Polri,151,Religi,67,Sejarah,1,Selebritis,1,Seni-Budaya,7,Technology,24,TERBARU,40,TNI,44,UTAMA,11,
ltr
item
Media Nusantara Situs Pemberitaan Indonesia hingga Dunia: 7 Kuliner Pedas Khas Banyuwangi Wajib di Cicipi Saat Mudik
7 Kuliner Pedas Khas Banyuwangi Wajib di Cicipi Saat Mudik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixanPlfWy75zu03u4Lj2_lMecjV_d039Uwix5E_c2bCdztZxccdZp393Jq9Fw5u4q_nUKNQk7sFj1JwoPBimJl2Em3rkE3BBnD__vo_Ths0mDZuRrG5Ujti4mKo47ws19OKi_EJiCvkd1sVGlVNKbW6seIq5qmDm5i8NrvLnYC7usGJEdLL5xXhWQbHAE/s320/1712525829816.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixanPlfWy75zu03u4Lj2_lMecjV_d039Uwix5E_c2bCdztZxccdZp393Jq9Fw5u4q_nUKNQk7sFj1JwoPBimJl2Em3rkE3BBnD__vo_Ths0mDZuRrG5Ujti4mKo47ws19OKi_EJiCvkd1sVGlVNKbW6seIq5qmDm5i8NrvLnYC7usGJEdLL5xXhWQbHAE/s72-c/1712525829816.jpg
Media Nusantara Situs Pemberitaan Indonesia hingga Dunia
https://www.medianusantara.co.id/2024/04/7-kuliner-pedas-khas-banyuwangi-wajib.html
https://www.medianusantara.co.id/
https://www.medianusantara.co.id/
https://www.medianusantara.co.id/2024/04/7-kuliner-pedas-khas-banyuwangi-wajib.html
true
4129672720319406382
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy